Terusuri blog

Rabu, 06 Februari 2019

Cara Merawat Motor Vixion Yang Benar

Cara Merawat Motor Vixion Yang Benar
vixion


 Cara Merawat Motor Vixion yang Benar


Yamaha Vixion adalah motor injeksi yang sistemnya banyak main sensorelektrik. Perawatannya perlu perhatian lebih dibanding motor bakar pada umumnya. Untuk fuel pumpnya, kalau bisa penggunaan bahan bakar Yamaha yang stabil jangan gonta – ganti. Terus ke permasalahan operasional Yamaha Vixion kontak dulu jangan langsung start tunggu sensor kedipnya mati baru distarter. Karena arus yang ada di fuel pump baru bekerja setelah sensornya tersambung, dan perawatan kebersihan tangki motor Yamaha Vixion perlu dijaga.
Motor sport buatan yamaha yang satu ini yaitu new vixion memang suah menjadi legenda yang banyak disukai para pemuda di indonesia, bukan hanya pemuda saja orang dewasa dan orang tua banyak yang menyukai motor yang satu ini, buktinya penjualan motor sport yamaha new vixion ini masuk kategori motor terlaris ditahun 2014 sampai 2015.
Cara Merawat Motor Vixion Yang Benar
Perawatan motor merupakan hal yang wajib kita ketahui, kalau tidak maka akibatnya kita akan memerlukan biaya yang lebih mahal untuk pergi ke bengkel. Perawatan motor vixion sendiri tidaklah rumit, yang terpenting selalu cek kondisi komponen yang berhubungan dengan mesin secara teratur dan juga harus teliti katika mengecek kondisi motor, dengan begitu motor akan awet terutama untuk bagian mesin.
 cara merawat motor vixion tidak beda jauh kok sobat jika dilihat garis besarnya saja. Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara merawat motor vixion agar mesin awet dan tahan lama, yuk simak bersama – sama penjelasan di bawah ini sobat :

1. Panaskan Motor Setiap Pagi
Tujuan memanaskan motor yang pertama adalah supaya pembakaran yang berlangsung pada ruang pembakaran dapat sempurna, dan yang kedua adalah supaya oli mesin dapat menyebar keseluruh bagian mesin dan dapat melapisi semua komponen mesin sampai pada celah celah terkecil seperti yang terdapat pada piston dan dinding piston. Karena oli yang terdiam selama satu malam akan kembali mengental, maka dari itu perlu di lakukan pemanasan motor supaya oli menjadi lebih encer agar lebih mudah masuk ke celah celah kecil tersebut.
Tidak perlu lama lama dalam memanaskan motor 15 menit saja sudah cukup agar oli tersebar keseluruh bagian mesin. Jangan malas untuk memanaskan motor ya guys, agar performa motor tetap stabil dan mesin menjadi lebih awet.

2. Cek Ketersediaan Bahan Bakar
Cara merawat motor vixion selanjutnya ialah selalu mengecek ketersediaan bahan bakar. Perlu diperhatikan bahwa yang namanya motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi , berarti pompa bahan bakar sudah disematkan versi elektrik di dalam tangki bahan bakar tersebut. Dalam hal ini tentunya ada beberapa pantangan seperti jangan sekali kali membiarkan tangki bahan bakar motor kosong sama sekali, bisa pantau selalu pada indikator bensin di speedometer apakah masih pada level full, atau seperempat atau sudah habis.
Kebiasaan saat mengisi bahan bakar dalam kondisi tangki konsong akan membuat kerja pompa tidak stabil , ditambah juga dengan kotoran seperti endapatan halus didasar tangki akan lebih mudah terhisap oleh pompa. Dari hal tersebut tentunya pompa akan mampet karena saringan cepet kotor, belum lagi jika kotoran akan terbawa hingga nozel injektor dan menyebabkan spraying (pengkabutan) maka menjadi tidak maksimal. Jadi jika sudah sampai digaris tengah atau digaris 2 pada motor new vixion maka segera isi bensin.

3. Ganti Oli Secara Rutin
Umumnya oli mesin motor yang biasa kita beli maka akan tertera untuk pemakaian 1500/km – 4000/km. Sedangkan untuk pemakaian 4000/km biasanya oli tersebut memiliki harga yang lumayan cukup mahal. Untuk motor merek honda dan oli yang digunakan yaitu ahm oil, pabrikan tersebut merekomendasikan untuk mengganti oli setiap 4000/km. Yang perlu di ingat bahwa jangan menunggu sampai Km-nya 2000/4000km, gantilah oli mesin motor anda setiap perpriode tergantung jarak tempuh motor yang anda gunakan setiap harinya.
Sebagai pengguna dan pemilik pasti kita tahu berapa jarak yang kita tempuh setiap harinya, meskipun jarak tempuh pendek namun jika terlalu sering digunakan setiap harinya, usahakan ganti oli setiap 1 bulan sekali, kalo dikalkulasikan selama 1 bulan jadi total jarak yang kita tempuh lumayan banyak. Apabila jarak pendek yang ditempuh misalnya untuk setiap bulannya 200/km-500/km, kalau dari pengalaman pengendara yang lain merekomendasikan untuk mengganti oli yaitu 1,5 bulan/sekali. sedangkan untuk jarak tempuh menengah yaitu antara 501/km sampai 200/km maka harus melakukan pergantian oli minimal 1 bulan sekali. 

4. Perangkat Elektronik
Cara merawat motor vixion berikutnya yakni dengan memperhatikan semua bagian kelistrikannya. Kelistrikan Vixion sangat rentan. Banyaknya pemakaian setrum untuk peranti injeksi elektronik diluar lampu-lampu dan pengapian bisa membuatnya “sensi”. Tak seperti motor biasa, vixion kerap membutuhkan suplai listrik lebih banyak sehingga aki dan kabel tidak boleh terganggu atau abnormal. 

Pemakaian perangkat elektronik tambahan bisa mengganggu kelistrikan Vixion, sebut saja seperti penggantian klakson berdaya besar , lampu H.I.D, atau pemasangan alarm. Kondisi aki yang harus selalu 100% fit bisa tercemar oleh penambahan pernik elektronik tadi. Hindari pemakaian alat tambahan yang sifatnya hanya sekadar aksesori karena akan memperpendek umur aki dan berbuntut pada gangguan kinerja injeksi. Pengecekan aki secara berkala sangat dianjurkan meski aki masih tergolong baru.

5. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas
Fenomena bahan bakar berkadar sulfur tinggi yang menjadi “hantu” bagi mobil injeksi juga berlaku untuk Vixie. Gunakan selalu bahan bakar berkualitas baik dengan kadar RON diatas 88. Bukan apa-apa karena bahan bakar bersulfur tinggi kerap menyerang fuel pump injeksi ada di premium TT milik Pertamina. Lagi pula Vixie memang sudah seharusnya “diberi minum” bahan bakar yang kualitasnya diatas RON 88 karena rasio kompresinya diatas .
Itulah 5 cara merawat motor vixion agar awet dan mesin tahan lama, sebenarnya masih banyak tips merawat motor vixion namun cukup 5 dulu aja ya guys,  karena 5 komponen diatas termasuk yang paling penting untuk diperhatikan untuk menjaga agar kualitas mesin tahan lama atau berumur panjang.
Sekian artikel kali ini yang membahas mengenai cara merawat motor vixion, semoga bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi pencinta yamaha vixion. Sampai disini dulu ya sobat ulasan artikel mengenai cara merawat motor vixion. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH TEKNIK RISET OPERASIONAL

  MAKALAH TEKNIK RISET OPERASIONAL                         ...